2 Pohon yang Dipanggil Nabi SAW Agar Menjadi Tabir Saat Beliau Buang Hajat di Tempat Luas

thumbnail

Mukjizat merupakan suatu hal yang luar biasa yang dimiliki oleh para Nabi dan Rasul sebagai bukti kerasulannya. Seperti Nabi Muhammad, beliau dikaruniai banyak mukjizat oleh Allah dalam kehidupannya.

Pada buku “Mukjizat-mukjizat Nabi Muhammad: Bukti-bukti Keagungan Rasul Akhir Zaman” yang di tulis oleh  Abdul Aziz bin Muhammad as-Salam, disebutkan bahwa salah satu mukjizat Nabi Muhammad adalah pohon yang yang tunduk terhadap perintahnya.

Mengapa Nabi SAW Seorang Ummi, Ini Alasan Logis Dari Penyair Kuno

Dalam kitab Shahih Muslim dijelaskan, kisah tentang pohon ini diceritakan Jabir.

خرجنا فنزلنا منزلا صحراء ديمومة ، ليس فيها شجرة فقال النبي – صلى الله عليه وسلم – لجابر : ” يا جابر ، انطلق فانظر لي مكانا ” – يعني للوضوء – فانطلقت فلم أجد إلا شجرتين متفرقتين ، لو إنهما اجتمعتا سترتاه . فرجعت إلى النبي – صلى الله عليه وسلم – فقلت : يا رسول الله ، لم أجد إلا شجرتين متفرقتين لو أنهما اجتمعتا سترتاك ، فقال النبي – صلى الله عليه وسلم – : ” انطلق إليهما فقل لهما : إن رسول الله – صلى الله عليه وسلم – يقول لكما : اجتمعا ” . فخرجت فقلت لهما ، فاجتمعتا حتى كأنهما في أصل واحد ، ثم رجعت فأخبرت النبي – صلى الله عليه وسلم – فخرج رسول الله – صلى الله عليه وسلم – حتى قضى حاجته ، ثم رجع فقال : ” ائتهما فقل لهما : إن رسول الله – صلى الله عليه وسلم – يقول لكما : ارجعا كما أنتما ” . فرجعتا .

Suatu hari, Jabir dan para sahabat lain berjalan bersama Rasulullah SAW, hingga berhenti di sebuah lembah yang luas. Rasulullah SAW kemudian pergi untuk membuang hajat.

Kisah Siti Maryam yang Ditiup Malaikat Jibril Kemudian Hamil

Jabir lantas mengikuti beliau dengan membawa kantong kulit berisi air. Saat itu, Nabi SAW melihat ke sekeliling dan tidak menemukan sesuatu yang bisa dijadikan sebagai tabir (penghalang).

Di pinggir lembah, terdapat dua pohon. Rasulullah kemudian menghampiri salah satu pohon dan meraih satu dahan sambil berkata, “Menunduklah kepadaku dengan izin Allah!” Pohon itu pun menunduk di hadapan Rasulullah seperti unta yang penurut.

Kemudian, Rasulullah menghampiri pohon yang lain, lalu meraih sebuah dahan sambil mengatakan, “Menunduklah kepadaku atas izin Allah!” Pohon itu pun menunduk di hadapan beliau, dan muncullah celah di antara kedua pohon itu.

Ternyata di Surga Ada Sungai Khamr Untuk Diminum dan Pohon Dari Emas

“Saling mendekatlah kalian kepadaku atas izin Allah!” kata Nabi. Kedua pohon itu pun saling mendekat dan melekat.

Kemudian, Jabir pun menjauh dari tempat itu karena khawatir jika Rasul mengetahui ia di dekatnya. Jabir menjauh darinya sambil berbicara kepada diri sendiri, hingga ia mendengar suara mendekat.

Ternyata, itu suara Rasulullah yang sedang mendekat ke arahnya. Ia melihat kedua pohon itu telah berpisah dan masing-masing telah berdiri tegak kembali.

Nah itulah salah satu bukti kebesaran Allah melalui mukjizat yang diberikan pada Nabi MUhamad SAW.

Jangankan manusia yang punya akal dan pikiran pohonpun juga taat pada perintah Nabi.

Source: republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top