Alasan Penamaan Sholat Dhuhur di Siang Hari

thumbnail

Sholat wajib dalam sehari semalam ada lima macam. Salah satunya adalah sholat Zuhur, solat  yang dikerjakan pada siang hari. Dan cara mengerjakan Sholat duhur bacaannya disirrkan (dilirihkan).

Inilah beberapa fakta mengenai sholat duhur

Waktu Sholat Dzuhur

Dari Abdullah Bin Amar, Rasulullah SAW bersabda:

وَقْتُ الظُّهْرِ إِذَا زَالَتْ الشَّمْسُ وَكَانَ ظِلُّ الرَّجُلِ كَطُولِهِ مَا لَمْ يَحْضُرْ الْعَصْرُ

“Waktu sholat zhuhur adalah jika matahari telah condong dan bayangan seseorang seperti panjangnya selama belum tiba waktu sholat ashar” (HR Muslim).

Tak Baca Sholawat Pada Nabi, Malaikat Doakan Celaka Baginya

Keutamaan Sholat DZuhur

Cahaya di dlama kehidupan manusia dan juga Cahaya bagi seorang Muslim di hari kiamat.

Sucinya jiwa dari dosa dan kesalahan serta  perbuatan baik setelah kesaksian syahadat selain itu maka Allah SWT meninggikan derajat hambanya lewat sholat. kemudian amalan yang pertama akan dihisab dari seorang hamba adalah sholat,

Penamaan Sholat DZuhur
Imam An Nawawi berpendapat bahwa sholat dhuhur diberi nama zuhur karena sesungguhnya sholat ini tampak jelas di tengah hari. Dan ada pendapat lain mengemukakan karena sholat ini yang kali pertama muncul dalam Islam.

3 Waktu Mandi yang Dianjurkan Karena Sangat Menyehatkan

Surat yang Dibaca
Setelah membaca surat Al Fatihah pada sholat Zuhur pada rakaat pertama, sebagaimana pendapat Imam An Nawawi dalam Al Adzkar yaitu membaca surat-surat panjang yang ayatnya terpotong-potong (pendek) yaitu surat-surat terakhir dalam urutan mushaf Alquran mulai dari surat Qaf atau Al Hujurat.

Terdapat pendapat yang lain mengatakan, surat yang masuk panjang yang ayatnya pendek-pendek ini mulai juz 30 surat An Naba hingga surat Adh Dhua.

Source: republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top