Benarkah Bulan Pernah Terbelah Menjadi Dua? Ini Jawaban Ilmuan dan Al-Qur’an

thumbnail

Bulan adalah setelit alami bumi satu-satunya dan merupakan setelit terbesar kelima dalam Tata Surya. Pada masa Rasulullah telah terjadi kejadian luar biasa yaitu bulan terbelah menjadi dua.

Kejadian tersebut terjadi karena orang-orang kafir meminta bukti kenabian Rasullah SAW sehingga Allaw SWT menunjukkannya dengan membelah bulan menjadi dua.

Kegunaan Solat Tahajud Bagi Otot-otot dan Anggota Tubuh

Dalam Al-Qur’an dijelaskan yang artinya:

اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ
وَإِنْ يَرَوْا آيَةً يُعْرِضُوا وَيَقُولُوا سِحْرٌ مُسْتَمِرٌّ

Telah dekat (datangnya) saat itu dan telah terbelah bulan. Dan jika mereka (orang-orang musyrik) melihat sesuatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata, “(Ini adalah) sihir yang terus-menerus.” (QS. Al Qamar: 1-2)

Dalam Tasfsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa ayat diatas mengisahkan sikap orang-orang kafir yang terus menentang terhadap Nabi Muhammad SAW. Ada banyak kisah yang terjadi pada masa itu yang didalamnya terdapat cegahan dari kekafiran. Seperti kisah yang disebutkan dalam hadits-hadits mutawatir dengan sanad yang shoheh.

Bukti Pernyataan al-Qur’an Gunung Bergerak, Ini Menurut Sains

Hadits Rasulullah dari Ibnu Masud r.a. Rasulullah bersabda, “Ada lima perkara yang telah berlalu (terjadi), yaitu (kemenangan) Romawi (atas Persia), Ad-Dukhan (awan putih), Al-Lizam, Al-Batsyah, dan Al-Qamar (terbelahnya rembulan).”

Para ulama bersepakat bahwa terbelahnya bulan merupakan mukjizat Nabi Muhammad yang cemerlang.

Source: islampos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top