Bukti Pernyataan al-Qur’an Gunung Bergerak, Ini Menurut Sains

thumbnail

Allah berfirman dalam al-Qur’an;

وَتَرَى الْجِبَالَ تَحْسَبُهَا جَامِدَةً وَهِيَ تَمُرُّ مَرَّ السَّحَابِ ۚ صُنْعَ اللَّهِ الَّذِي أَتْقَنَ كُلَّ شَيْءٍ ۚ إِنَّهُ خَبِيرٌ بِمَا تَفْعَلُونَ
“Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal dia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS An Naml [27]: 88).

Kerak bumi mengapung diatas lapisan magma yang rapat. Ia bergerak sehingga menyebabkan gerakan pada gunung-gunumg. Pada abad ke-20 Alfred Wegener seorang ilmuan asal Jerman mengatakan, seluruh benua pada awalnya menyatu. Dikarenakan adanya gerakan masing-masing sehingga mereka terpisah.

Wegener mengatakan, 500 tahun yang lalu seluruh daratan adalah satu kesatuan yang disebut Pangae di Kutub Selatan. Hal ini di benarkan oleh para ahli geologi.

Pangae terbelah menjadi dua benua sekitar 180 juta tahun yang lalu. Keduanya bergerak ke arah yang berbeda.Kedua bagian Pangae disebut Gondwana termasuk Afrika, Australia, Antartika dan India. Sedangkan yang satunya adalah Laurasia yang meliputi Eropa, Amerika Utara dan Asia. Kemudian Dua benua tersebut sekitar 150 tahun setelah pemisahan, Gondwana dan Laurasia beberapan daratan yang kecil.

Bacalah: Inilah Sebab Mulut Fir’aun Menganga Saat Mati Sampai Sekarang

Benua-benua yang lainnya pecahan dari Pangae juga bergerak yang mengakibatkan daratan semakin luas. Pada awal ke-20 para ahli geologi menemukan adanya gerakan pada kerak bumi.

Bagian terluar dari magma yang tebalnya mencapai 100 KM, terdiri atas 6 lempengan utama dan beberapa lenpengan kecil lainnya. Lempengan tersebut bergerak membawa benua dan lautan.

Lempengan-lempengan tersebut bergerak sehingga mengakibatkan perubahan geografi bumi. Kecepatan gerakan benua 1 hingga 5 cm pertahun.

Al-Qur’an lebih dahulu menjelaskan tentang gerakan gunung seperti perjalanan awan. Kini ilmuan menemukan fenomena gerakan gunung yang sesuai dengan apa yang telah di jelaskan Al-Qur’an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top