Dari Putih Sampai Menjadi Hitam, Inilah Keistimewaan Hajar Aswad yang Selalu Dicium Manusia

thumbnail

Hajar Aswad merupakan sebuah batu yang diyakini oleh umat Islam berasal dari surga, dan yang pertama kali menemukannya adalah Nabi Ismail dan yang meletakkannya adalah Nabi Ibrahim. Batu tersebut berada di Ka’bah Masjidil Haram.

عُلُومِ الدِّينِ عَنِ الْغَزَالِيِ‏ أَنَّ عُمَرَ قَبَّلَ الْحَجَرَ ثُمَّ قَالَ: إِنِّي لَأَعْلَمُ أَنَّكَ حَجَرٌ لَا تَضُرُّ وَ لَا تَنْفَعُ وَ لَوْ لَا أَنِّي رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ يُقَبِّلُكَ لَمَا قَبَّلْتُكَ! فَقَالَ عَلِيٌّ عليه السلام: “بَلْ هُوَ يَضُرُّ وَ يَنْفَعُ” فَقَالَ: وَ كَيْفَ ؟! قَالَ: “إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى لَمَّا أَخَذَ الْمِيثَاقَ عَلَى الذُّرِّيَّةِ كَتَبَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ كِتَاباً ثُمَّ أَلْقَمَهُ هَذَا الْحَجَرَ، فَهُوَ يَشْهَدُ لِلْمُؤْمِنِ بِالْوَفَاءِ، وَ يُشْهِدُ عَلَى الْكَافِرِ بِالْجُحُودِ”

Di Jabal Qurban Inilah Nabi Ismail Disembelih Oleh Ayahnya

Dikutip dari kitab Ihya Ulumiddin karya Imam Ghazali, suatu ketika Umar bin Khattab mencium Hajar Aswad dan berkata, “Sebenarnya aku tahu bahwa engkau hanyalah sebuah batu yang tidak bermanfaat dan juga tidak memudharatkan.”

“Kalau Rasulullah tidak menciummu, maka aku tak akan menciummu,” imbuhnya.

Kemudian air matanya bercucuran lalu berpaling ke belakang sehingga melihat Ali bin Abi Thalib.

Umar berkata kepada Ali, “Wahai Ali, inilah tempat untuk mencucurkan air mata dan tempat berdoa yang mustajab.”

Mengusap Wajah Setelah Salam dan Doa, Bid’ah Apa Sunnah? Ini Penjelasan Detailnya

Ali menjawab, “Wahai Umar, sesungguhnya Hajar Aswad bisa mendatangkan manfaat dan mudharat.”

Mendengar ucapan Ali, Umar pun bertanya dengan penuh penasaran, “Bagaimana mungkin?.”

Ali pun menjawab, “Tatkala Allah SWT mengambil janji atas anak cucu bani Adam, maka Allah SWT menetapkan suratan bagi mereka semua dan suratan itu kemudian diletakkan dalam hajar aswad. Lalu hajar aswad akan naik menjadi saksi bagi orang yang memenuhi janji dan begitu pula bagi orang yang mengkhianati janji.”

Source: republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top