Darurat Covid 19, Pertama Kalinya Jerman Lantunkan Adzan secara Bebas Di Masjid-masjid

thumbnail

islamasyik.com

“Islam Itu Asyik Tapi Jangan Diusik.
Islam Itu Ramah Tapi Tidak Lemah.
Islam Itu Mudah Tapi Jangan Dimudah-mudahkan.”

Sejak 12 tahun terakhir inilah pertama kalinya adzan berkemandang terdengar di masjid pusat Duisburg Jerman, masjid yang yang dibuka tahun 2008.

Yang dikutip dari laman media perantuan Indonesia, Surat Dunia’ (28/3), hal tersebut merupakan sebuah permintaan dari ketua asosiasi negara DITIB NRW, Hülya Ceylan. Dia mengatakan bila ia telah menerima tawaran dari gereja-gereja tetangga untuk secara terbuka menyerukan doa.

“Di seluruh penjuru negara Jerman, lonceng gereja-gereja mulai membunyikan pada pukul 19:00. ini merupakan solidaritas dengan umat karena tempat ibadah kini ditutup akibat wabah Corona yang melanda Jerman,” ungkapnya.

Menurutnya, pihak gereja di lingkungan wilayah Duisburg sempat ditanya mengenai keikutsertaan dalam kampanye solidaritas kaum beragama atas pandemi covid 19 “Kami ingin ikut mendukung komunitas Muslim secara spiritual melalui panggilan untuk berdoa. Dan lantunan adzan ini punya tujuan untuk berdoa sebagai tanda solidaritas,” ketus Ceylan.

Untuk menunjukkan sebuah solidaritas yang erat dengan komunitas Muslim. maka lantunan adzan akan dikumandangkan di masjid-masjjid pusat Duisburg dalam krisis covid 19 seperti ini.

Ron Oesman adalah orang Indonesia yang tinggal di Jerman membenarkan tentang kabar itu pada Republika.co.id. Dia mengatakan itu memang pertama kalinya, di tengah darurat covid 19 lantunan adzan boleh terlantun dengan bebas di Jerman. Karena selama ini memang dilarang sehingga kecuali di ruang masjid tertutup.

“Ya sangat betul sekali ada masjid yang melantunkan panggilan solat secara terbuka. Dan ini adalah pertama kalinya,” tutur Ron Oesman.

Source:republika.co.id

2 thoughts on “Darurat Covid 19, Pertama Kalinya Jerman Lantunkan Adzan secara Bebas Di Masjid-masjid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top