Di Akhirat Apakah Bangsa Jin Juga Akan Dihisab Seperti Manusia?

thumbnail

Makhluk di dunia ini tak hanya manusia tapi juga terdiri dari bangsa jin. Manusia dibebani dengan kejawajiban yang harus di kerjakan oleh umat manusia. Lantas bagaimana dengan makhluk jin?

ALLAH SWT berfirman:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (Q.S Az-Zariyat: 56)

7 Makanan Jin yang Ada di Sekitar Kehidupan Manusia

Manusia dan jin adalah makhluk Allah. Mereka berdua juga memiliki kewajiban yang sama yakni beribadah kepada Allah.

Kelak di akhirat, manusia akan diminta pertanggung jawabannya atas semua perbuatannya di dunia. Pada Yaumil hisab, amal perbuatan manusia akan dihitung. Sebenar-benarnya penghitungan dan seadil-adilnya pengadilan. Lantas Bagaimana dengan jin? Mereka juga akan di hisab?

Pada hari kiamat kelak bangsa jin juga akan dihisab dan dimintai pertanggung jawabannya perihal perbuatannya sama dengan manusia. Banyak ayat Al – Qur’an dan Hadits yang menjelaskan tentang hal ini, diantaranya dalam surat Al – An’am ayat 130:

Ketika Manusia dan Jin Bersatu Menyerang Nabi Muhammad SAW

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ أَلَمْ يَأْتِكُمْ رُسُلٌ مِنْكُمْ يَقُصُّونَ عَلَيْكُمْ آيَاتِي وَيُنْذِرُونَكُمْ لِقَاءَ يَوْمِكُمْ هَٰذَا ۚ قَالُوا شَهِدْنَا عَلَىٰ أَنْفُسِنَا ۖ وَغَرَّتْهُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا وَشَهِدُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ أَنَّهُمْ كَانُوا كَافِرِينَ

“Hai golongan jin dan manusia, apakah belum datang kepadamu rasul-rasul dari golongan kamu sendiri, yang menyampaikan kepadamu ayat-ayat-Ku dan memberi peringatan kepadamu terhadap pertemuanmu dengan hari ini?

Mereka berkata: “Kami menjadi saksi atas diri kami sendiri,” kehidupan dunia telah menipu mereka, dan mereka menjadi saksi atas diri mereka sendiri, bahwa mereka adalah orang-orang yang kafir.” (Q.S Al-An’am: 130)

Dati ayat diatas sangat jelas meneerangkan bahwa bangsa jin akan dihitung amal perbuatannya dan akan mendapat balasan sebab perbuatannya itu. Karen bangsa jin juga diberi kewajiban tuntutan syari’at yang sama dengan umat manusia.

Hukum Menikahi Makhluk Jin

قَالَ ادْخُلُوا فِي أُمَمٍ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِكُمْ مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ فِي النَّارِ ۖ كُلَّمَا دَخَلَتْ أُمَّةٌ لَعَنَتْ أُخْتَهَا ۖ حَتَّىٰ إِذَا ادَّارَكُوا فِيهَا جَمِيعًا قَالَتْ أُخْرَاهُمْ لِأُولَاهُمْ رَبَّنَا هَٰؤُلَاءِ أَضَلُّونَا فَآتِهِمْ عَذَابًا ضِعْفًا مِنَ النَّارِ ۖ قَالَ لِكُلٍّ ضِعْفٌ وَلَٰكِنْ لَا تَعْلَمُونَ

“Allah berfirman: “Masuklah kamu sekalian ke dalam neraka bersama umat-umat jin dan manusia yang telah terdahulu sebelum kamu. Setiap suatu umat masuk (ke dalam neraka), dia mengutuk kawannya (menyesatkannya); sehingga apabila mereka masuk semuanya berkatalah orang-orang yang masuk kemudian di antara mereka kepada orang-orang yang masuk terdahulu:

“Ya Tuhan kami, mereka telah menyesatkan kami, sebab itu datangkanlah kepada mereka siksaan yang berlipat ganda dari neraka”. Allah berfirman: “Masing-masing mendapat (siksaan) yang berlipat ganda, akan tetapi kamu tidak mengetahui.” (Q.S Al-A’raf: 38)

3 Macam Tipikal Hewan Dalam Islam yang Boleh Dibunuh dan Dilarang

Lantas, bagimana bangsa jin yang beriman?

Sama dengan manusia, Allah akan memberi balasan surga serta berbagai kenikmatan di dalamnya.

Source: islampos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top