Durhaka Pada Ibu Akan Mendapatkan Kutukan Ini Dari Allah

thumbnail

Wajib hukumnya bagi seorang anak berbakti kepada orang tua. Allah akan memberikan balasan bagi orang yang durhaka kepada orang tuanya.

Dijelaskan pada buku Dahsyatnya Do’a Ibu oleh Ustadz Syamsuddin Noor, ada lima balasan buruk yang akan diberikan kepa seseorang yang durhaka kepada orang tuanya. Diantaranya adalah;

1. Amal kebajikannya sia-sia
Tsauban r.a. berkata Rasulullah SAW bersabda : “Tiga macam dosa yang akan mensia-siakan segala amal-amal lainnya, yaitu syirik atau mempersekutukan Allah, durhaka kepada ayah ibu, dan lari dari medan perang,” (HR At-Tabrabi).

10 Tanda Kiamat Kubra Menjelang Hancurnya Alam Semesta

Hadits diatas menjelaskan bahwa orang yang melakukan tiga perkara tersebut amal kebajikannya akan sia-sia, termasuk durhaka kepada orang tua.

Abu Umamah berkata, Rasulullah SAW bersabda : “Allah tidak akan menerima amal tiga golongan manusia yang bersifat sharfan (taubat atau hal yang sunah) dan ‘adlan (fidyah atau tebusan), yaitu anak yang durhaka kepada kedua orang tua, orang yang suka memberi namun mengharapkan balasan yang lebih, dan orang yang tidak percaya dengan takdir,” (HR Imam Ibnu Ashim).

2. Akan cepat diturunan adzab
Adzab dari dosa selain durhaka terhadap ibu bapak bisa ditunda oleh Allah sampai hari kiamat. Namun, adzab yang disebabkan dosa durhaka kepada orang tua akan cepat diturunkan sebelum ia meninggal.

Empat Ilmu yang Tidak Akan Dicabut Dari Orang Ini

“Ada dua pintu petaka yang disegerakan akibatnya di dunia, yaitu orang yang zalim dan durhaka kepada orang tua,” (HR Al-Hakim).

Al-Hakim dan Al-Ashbahani meriwayatkan hukuman dari semua dosa bisa ditunda oleh Allah sampai hari kiamat. Namun, hukuman dosa durhaka kepada ibu bapak akan cepat diturunkan sebelum ia meninggal.

Aisyah r.a. berkata Rasulullah SAW bersabda: “Amal kebajikan yang disegerakan balasannya di dunia adalah berbakti kepada kedua orang tua dan menyambung tali silaturrahmi. Sedangkan kejahatan yang disegerakan siksaannya adalah berzina, durhaka kepada kedua orang tua, dan memutus silaturrahmi,” (HR Imam Turmudzi dan Ibnu Majah).

3 Utusan Malaikat Maut Pada Orang yang Akan Dicabut Nyawanya

3. Menghilangkan cahaya keshalehan
Termasuk sempurnanya birrul walidaini adalah berbakti kepada orang tua. Apabila mereka telah tiada, kewajiban anak-anaknya adalah meneruskan hubungan baik dengan orang-orang yang dekat dengannya.

Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang ingin menyambung hubungan dengan orang tuanya di alam kubur, maka sambunglah silaturrahmi dengan sahabat-sahabatnya setelah ia meninggal dunia,” (HR Abu Ya’la dari Ibnu Umar).

Sementara dari Abdillah bin Umar r.a. berkata Rasulullah SAW bersabda : “Peliharalah hubungan dengan teman-teman yang dicintai kedua orang tuamu, jangan kamu memutuskannya. Sebab apabila hubungan itu terputus, Allah akan memadamkan nur cahayamu,” (HR Bukhari).

Hadits kedua menjelaskan bahwa hubungan persahabatan orang tua dengan teman-temannya akan hilang jika anak-anaknya tidak meneruskannya dengan baik.

Orang Islam Boleh Bekerja Pada Non Muslim Dengan 8 Syarat Ini

4. Terhalangnya masuk surga
Ibnu Umar r.a. berkata Rasulullah SAW bersabda: “Tiga macam dosa yang diharamkan Allah bagi yang melakukannya untuk masuk surga, yaitu 1) orang yang selalu mabuk-mabukan (minum khamer), 2) orang yang mendurhakai ibu dan ayahnya, dan 3) germo (orang yang membiarkan istrinya melacur atau orang yang sengaja memelihara pelacur),” (HR Ahmad, An-Nasai dan Al-Hakim).

Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda : “Empat macam orang yang selayaknya Allah tidak memasukkan mereka ke surga dan tidak akan memberi pada mereka nikmat surge, yaitu orang yang selalu meminum khamer, pemakan harta riba, pemakan harta anak yatim tanpa hak, dan orang yang durhaka kepada ayah atau ibunya,” (HR Al-Hakim dan Al-Baihaqqi).

Setaat apapun dalam beribadah, jika durhaka kepada orang tua walaupun kesalahannya kecil, maka ia akan terhalang untuk masuk surga.

3 Perkara Ini Dapat Menyempurnakan Iman Seorang Hamba

5. Mendapat kutukan Allah
Durhaka terhadap orang tua merupakan salah satu perbuatan yang dilaknat oleh Allah.

Dalam hadits Rasulullah dijelaskan, dari Abu Hurairah r.a. berkata Rasulullah SAW bersabda: “Allah telah melaknat tujuh golongan dari atas tujuh lapis langit dan kutukan itu diulang-ulang sampai tiga kali untuk masing-masing.

Padahal satu kutukan saja sudah cukup membinasakan, yaitu 1) terkutuklah orang yang berbuat liwath (laki-laki bercinta dengan laki-laki), 2) terkutuklah orang yang menyembelih tidak karena Allah, 3) terkutuklah orang yang bersetubuh dengan binatang, 4) terkutuklah orang yang durhaka kepada ibu bapaknya, 5) terkutuklah orang yang kawin dengan wanita yang dirangkap dengan putrinya (ibunya dikawini dan anaknya dikawini pula), 6) terkutuklah orang yang merusak tanda-tanda atau batas kepemilikan di bumi, 7) terkutuklah orang yang mengaku hubungan maula (majikan) kepada orang yang bukan maula yang memerdekakannya,” (HR At-Thabrani).

Barangsiapa yang melakukan perbuatan yang dikutuk Allah, yaitu durhaka kepada orang tua, maka Allah akan segera menurunkan kutukan itu sebelum ia meninggal.

Source: republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top