Hukum Transplantasi Organ Orang Mati Ke Tubuh Orang Hidup

thumbnail

islamasyik.com

“Islam Itu Asyik Tapi Jangan Diusik.
Islam Itu Ramah Tapi Tidak Lemah.
Islam Itu Mudah Tapi Jangan Dimudah-mudahkan.”

Dalam kitabNya, Allah SWT telah menghormati dan memuliakan manusia lebih dari satu ayat Al-Quran. Di antaranya adalah firman Allah SWT.

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا

70.  Dan Sesungguhnya Telah kami muliakan anak-anak Adam, kami angkut mereka di daratan dan di lautan[862], kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang Sempurna atas kebanyakan makhluk yang Telah kami ciptakan. (QS. al-isra:70)

Dalam ayat lain disebutkan:

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً

30.  Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. (QS. al-Baqoroh:30)

Ayat-ayat yang berbicara tentang kehormaatan manusia sebagai manusia amat sangat banyak sekali. Rosulullah SAW sendiri telah melarang tindakan melecehkan atau menyakiti mayit. Saat iringan jenazah seorang Yahudi berlalu di hadapan Rasulullah, beliau berhenti sejenak Padahal Yahudi itu adalah orang yang paling barnyak

menyakiti dan memerangi beliau. Dengan heran, salah seorang sahabat berkata kepada beliau, “la adalah jenazah seorang Yahudi, wahai Rasulullah Tetapi beliau menjawab, “Bukankah ia juga sesosok Jiwa?

Rasulullah saw juga melarang mematahkan tulang seorang mayit. Jabir meriwayatkan bahwa para sahabat keluar mengiring jenazah. Kemudian para penggali kubur mengeluarkan tulang betis dan lengan mayit itu untuk mematahkannya. Tetapi Nabi saw bersabda, “Jangan engkau patahkan tulang itu karena dengan mematahkannya

Sama saja engkau mematahkan tulangnya saat ia masih hidup. Tetapi masukkan ia di dalam kubur7

Syariat Islam menghormati tubuh manusia saat hidup maupun mati, muslim ataupun kafir. Islam melarang untuk melecehkan dan merusak kehormatannya, atau menganiayanya dengan bermacam bentuk penganiayaan. Bahkan, Islam amat memuliakan mayit dengan memerintahkan untuk memandikannya, mengafani, menyalatkan dan segera menguburkannya.

disadur dari buku pustaka pengetahuan islam kontemporer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top