Ilmuan Muslim Berupaya Membuat Laboratorium Astronomi Terbesar

thumbnail

Nashiruddin At-Thusi adalah seorang ilmuwan Muslim yang ahli di bidang astronomi dan matematika. Dia mempunyai inisiasi membuat laboratorium astronomi untuk mengamati benda-benda langit sejak 657 H.

Muhammad Gharib Jaudah  Dalam buku 147 Ilmuwan Terkemuka dalam Sejarah Islam menjelaskan bahwa Nashiruddin berhasil meyakinkan Hulaku untuk membangun gedung astronomi besar di Kota Maraghah, Selatan Azarbaijan, Iran.

Ternyata Teknologi Canggih 5 Dimensi Sudah Ada Dimasa Nabi SAW. Ini Buktinya

Gedung itu dibangun dengan menggunakan harta waqaf Azarbaijan yang pengurusannya diberikan kepada At-Thusi oleh Hulaku dengan biaya yang relatif tinggi. Selain At-Thusi, pembangunan tersebut juga diawasi oleh ilmuwan besar lainnya seperti Al-Mu’ayyid, Maraghi Al-Mushili, hingga Najmuddin Al-Qazwaini.

Ilmuan: Penemuan Kristal Fotonik Pada Bulu Merak Dapat Ditiru Untuk Cahaya Telekomonikasi

Gedung astronomi itu di bangun selama tiga puluh tahun dan menjadi laboratorium astronomi terbesar saat itu. Diatasnya ada sebuah kubah dengan lubang yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalamnya berdasarkan ukuran pergerakan matahari.

Yakni pergerakan matahari yang lambat dengan derajat dan ukuran waktu dalam menit selama memantau bayangan yang jatuh. Lubang ini memungkinkan bisa mengetahui batasan sudut ketinggian matahari pada waktu siang dan di waktu-waktu pergantian musim dalam setahun.

Source: republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top