Inilah Sahabat yang Mirip Malaikat Jibril Ketika Menjelma Manusia

thumbnail

Ia beernama Dihyah al Kalbi RA, sahabat dengan wajah, janggut, dan perawakan yang menyerupai Malaikat Jibril AS ketika berwujud manusia.

Setalah perang Khandaq, saat Nabi dan para sahabat beristirahat, Malaikat Jibril ‘alaihi sallam datang pada Nabi dengan wujud manusia.

Seraya berkata, “Apakah engkau telah meletakkan senjata? Jangan demikian! Para malaikat sama sekali belum meletakkan senjata! Keluarlah engkau menuju Bani Quraizhah, dan perangilah mereka!”

Saat Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam melewati Bani Ghanm, penduduk yang ada di sekitar masjid dilewatinya jika menuju rumah beliau, dan beliau bertanya siapa yang baru saja lewat, kemudian merekapun berkata, “Telah melewati kami, Dihyah bin Kalbi!”

Inilah Orang-Orang yang Diumpamakan Berbaris Seperti Malaikat Di Sisi Tuhan

Dalam riwayat lain disebutkan, saat itu Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam sedang bersama istri beliau, Ummu Salamah ra, Malaikat Jibril datang kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam dalam wujud manusia.

Setelah Malaikat Jibril berlalu, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepada istrinya itu tentang siapa tamu yang baru datang, Ummu Salamah menjawab, “Dia adalah komandan tentara, Dihyah…”

Nabi shalallahu ‘alahi wa sallam tersenyum dan menjelaskan bahwa tamu tersebut adalah Malaikat Jibril AS.

Inilah kesaksian tentang kesamaan Dihyah al Kalbi dengan penjelmaan Malaikat Jibril sebagai manusia.

Source: islampos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top