Keren! Jamaah Haji Diberi Gelang Canggih, Bisa Cek Kesehatan dan Mengingatkan Amalan Haji

thumbnail

Jamaah haji pada tahun ini telah selesai melaksakan ibadah haji pada Ahad (2/8). Mereka kembali ke tempatnya masing-masing untuk menjalani karantina mandiri dan tes covid-19.

Walaupun jamaah sedang karantina mandiri, mereka tetap harus menggunakan gelang khusus yang dilengkapi GPS selama dua pekan.

Hal tersebut dilakukan agar pemerintah bisa memantau pergerakan mereka guna tidak melanggar karantina mandiri. Para jamaah haji boleh melepas gelang tersebut setelah karantina dan tes selesai.

Akhir Hayat yang Indah Pelopor Penyembah Berhala di Tanah Arab

Dilansir dari Al Arabiya, gelang canggih yang diberikan kepada jamaah haji guna keselamatan para jamaah telah dikenalkan oleh pemerintah Saudi sejak 2016.

Saudi memberikan keputusan bahwa jamaah haji harus mengenakan gelang canggih itu sejak musibah haji ditahun sebelumnya. Peristiwa itu menyebabkan banyak jamaah haji yang sedang melempar jumrah di Mina meninggal karena bertabrakan.

Kisah Takjub Muhammad Kecil Di Depan Ka’bah yang Diprediksi Jadi Orang Besar oleh Kakeknya Sendiri

Dalam gelang tersebut berisi informasi personal dan medis dari tiap jamaah haji yang menggunakannya. Oleh kerena itu otoritas Saudi bisa menyediakan perawatan terbaik dan melakukan identifikasi jika terjadi sesuatu yang buruk.

Salah satu manfaat gelang itu adalah memudahkan para jamaah haji mengetahui waktu ibadah, arah kiblat dan panduan jalan dan bantuan multi bahasa. Jamaah yang lupa bentuk ritual ibadah haji bisa memanfaatkan fitur yang berada dalam gelang tersebut. Dan gelang itu anti air.

Source: ihram.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top