Ketika Ditanya Amalam Paling Utama, Mengapa Jawaban Nabi Berbeda?

thumbnail

Rasulullah pernah ditanyakan tentang apa perbuatan yang paling baik?. Dari satu pertanyaan itu, ada banyak jawaban yang diberikan Rasulullah.

Diantaranya: Sholat pada waktunya, berjihad di jalan Allah, berbakti kepada kedua orang tua, belajar lalu mengajarkan Alquran, yang paling banyak sedekah, yang paling peduli terhadap anak yatim piatu, yang menjadikan hidupnya topangan bagi para fakir miskin, dan banyak jawaban lainnya.

Jawaban yang diberikan oleh beliau sesuai dengan karaketer penanya masing-masing. Jika yang menanyakan diharap bisa membahagiakan orang tuanya, bisa jadi jawabannya berbakti kepada orang tua. Jika penanya berbadan tegap dan mempunyai visi kepemimpinan, bisa jadi mendapatkan jawaban jihad fisabilillah, dan demikian seterusnya.

Ternyata Mandi Subuh Mempunyai Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Ada banyak hadits yang menjelaskan manusia-manusia terbaik dengan standar dan ukuran yang berbeda-beda. Semuanya tergantung pada kecenderungan yang terdapat dalam dirinya sendiri.

Uways al-Qorni adalah seorang yang baik karena sangat berbakti kepada orang tuanya. Abdurrahman bin Auf adalah seorang yang baik karena menafkahkan hampir semua harta bendanya untuk perjuangan dan pertumbuhan Islam.

Ali bin Abi Thalib adalah seorang yang baik karena memiliki ilmu agama yang tinggi. Abu Bakar karena begitu setianya kepada Rasulullah dan Islam. Umar bin Khattab karena kepemimpinannya dalam memenangkan banyak peperangan dalam Islam.

Source: republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top