Mengapa Wudhu Menjadi Syarat Sah Sholat dan Punya Banyak Manfaat?

thumbnail

Hikmah dan Keutamaan Wudhu’
Wudhu Adalah Sebuah Syariat kesucian Yang Allah Tetapkan Atas Kaum Muslimin.

Salah satu hal yang mungkin belum diketahui sebagian orang adalah hikmah di syaratkannya berwudhu’ sebelum sholat.

Di dalamnya terkandung sebuah hikmah yang mengisyaratkan kepada kita bahwa hendaknya seorang muslim memulai ibadah dan kehidupannya dengan kesucian lahir dan batin.

Wudhu’ di syariatkan bukan hanya ketika kita hendak beribadah, bahkan juga di syariatkan dalam seluruh kondisi. Syariat kesucian ini mengumpulkan banyak hikmah.

Banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan dari wudhu’. Diantara keutamaan-keutamaan wudhu’ yang terdapat dalam Al-Qur’an atau hadits Nabi Muhammad SAW sebagai berikut:

1. Syarat Sah Sholat
Apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku dan sapulah kepalamu dan sapulah kepalamu kemudian basuhlah kakimu sampai dengan kedua matakaki.

Jika seseorang hendak melaksanakan sholat, maka ia harus berwdhu’ terlebih dahulu. Hal ini juga dijelaskan dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sunnahnya. Diantaranya beliau bersabda: “Tak akan diterima shalat seseorang yang berhadas sampai ia berwdhu”.

2. Penghapus Dosa dan Pengangkat Derajat
Wudhu’ merupakan suatu amalan ringan. Namun pengaruhnya ajaib dan luar biasa. Selain bisa menghapus dosa kecil, wudhu juga bisa mengangkat derajat dan kedudukan seseorang di surga.

Rasulullah SAW bersabda: “Maukah kalian aku tunjukkan suatu (amalan) yang dengannya Allah menghapuskan dosa-dosa dan mengangkat derajat-derajat?”

Mereka berkata,” Mau wahai Rasulluah!!”. Beliau bersabda, “(Amalan itu) adalah menyempurnakan wudhu diwaktu yang tak menyenangkan, memperbanyak langkah menuju masjid dan menunggu shalat setelah menunaikan shalat. Itulah ar-ribath.” (HR. Muslim)

Source: Kumpulan Kuntum terbaik untuk Muslimah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top