Saat Ada Anjing di Rumah Nabi SAW Malaikat Jibril Terhalang Masuk ke Kediaman Beliau

thumbnail

Pada suatu hari Rasulullah SAW pernah marah disebabkan ada seekor anak anjing bersembunyi di dalam kediamannya. Sampai-sampai Malaikat Jibril mengurungkan niatnya menemui Rasulullah SAW karena masalah itu.

Dari ‘Aisyah ra bahwa ia berkata, “Rasulullah SAW mengambil janji dengan Jibril as agar dia mendatanginya pada suatu saat. Lalu tibalah saat tersebut, namun Jibril belum juga datang menemuinya, sementara di tangannya ada sebatang tongkat lalu beliau melemparkannya dari tangannya seraya mengatakan,

“Allah tidak pernah menyalahi janjiNya begitu pula dengan Rasul-RasulNya.”

Kisah Siti Maryam yang Ditiup Malaikat Jibril Kemudian Hamil

Kemudian beliau menoleh, tiba-tiba ada seekor anak anjing di bawah tempat tidurnya, lalu beliau bersabda, “Wahai ‘Aisyah! sejak kapan anak anjing ini masuk ke tempat ini?”

‘Aisyah menjawab, “Demi Allah, aku tidak tahu.”

Lalu beliau memerintahkan kepada seseorang sehingga anak anjing tersebut dikeluarkan. Kemudian datanglah Jibril. Lalu Rasulullaah SAW menyapa Jibril, “Engkau berjanji kepadaku, dan aku duduk menunggumu, namun engkau tidak segera datang.”

Jibril menjawab, ‘Aku tidak segera datang karena ada anak anjing di rumahmu. Sesungguhnya kami (para Malaikat) tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada anjing atau gambar (dari makhluq yang bernyawa).’” (HR. Muslim, Kitab Al-Libaas bab Tashwiir Shuurotil Hayawaan… (An-Nawawi XIII/307, no.5478).)

Maka dengan demikian  setiap muslim yang membawa anjing ke dalam rumahnya bukan dengan tujuan darurat, maka sebaiknya bertaubat dan memahami serta meneladani kisah dari Rasulullah ini.

Nabi Menang Perang Tapi Hatinya Resah Karena Banyak Berhala di Sekitar Ka’bah

Orang Muslim juga dilarang memelihara anjing sebagai  hiasan dan menjadi hanya sebagai kebanggan seperti yang dilakukan orang-orang kafir.

Pada dasarnya memelihara anjing adalah perbuatan maksiat dan sikap lancang. Maka ikutilah  petunjuk  Rasulullah SAW niscaya kita  akan selamat dan bahagia di dunia dan akhirat.

Malaikat yang tidak masuk ke rumah yang ada anjingnya atau gambar makhluk yang bernyawa adalah Malaikat  rahmat, kebaikan, keberkahan, dan istighfar.

Jika malaikat pencatat amal, malaikat maut, tetap memasuki rumah-rumah dan tidak jauh dari umat manusia, sebab  mereka diperintah Allah.

Source: islampos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top