Benarkah Iblis, Setan dan Malaikat Awalnya Bersahabat?

thumbnail

Ada pepatah mengatan, “Janganlah terlalu percaya kepada setiap orang, ingat, bahwa iblis dulunya adalah malaikat”

Bagi umat Islam, tentunya pepatah tersebut tidaklah dibenarkan, karena telah dijelaskan bahwa Allah menciptakan iblis dari api dan ia berasal dari golongan jin. Jadi, bagaimana bisa ia merubah dirinya menjadi malaikat yang tercipta dari cahaya.

Tangan Inilah yang Dicium Nabi SAW Karena Mencari Nafkah Keluarga

Dalam Islam dijelaskan bahwa mahluk tidak dapat merubah jati dirinya sendiri. Hanya Allahlah yang bisa melakukannya, karena Ia yang maha kuasa. Adapun yang mengatakan bahwa setan dulunya adalah malaikat tidaklah benar. Hal ini berdasarkan firman Allah dalam Al-Qur’an;

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِ ۗ أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِي وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ ۚ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ بَدَلًا

“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu kepada Adam!” Maka mereka pun sujud kecuali Iblis. Dia adalah dari (golongan) jin, maka dia mendurhakai perintah Tuhannya. Pantaskah kamu menjadikan dia dan keturunannya sebagai pemimpin selain Aku, padahal mereka adalah musuhmu? Sangat buruklah (Iblis itu) sebagai pengganti (Allah) bagi orang yang zalim.” (QS. al-Kahfi; 50)

6 Prilaku Setan yang Sering Dilakukan Manusia

Dahulu Allah memerintahkan malaikat dan Iblis bersujud kepada Nabi Adam. Namun, iblis menolak perintah Allah karena ia merasa dirinya lebih mulia dari pada Nabi Adam karena terbuat dari api. Allah menyebut setan adalah mahluk paling sombong karena telah menolak perintahnya.

Dalam hadits nabi dijelaskan, Ibnu Jarir meriwayatkan Rasulullah bersabda, “Iblis sama sekali bukan salah satu malaikat. Karena malaikat adalah makhluk Allah yang tidak pernah membangkang berbeda dari Setan yang tidak taat ketika diperintah bersujud kepada Adam.”

1 Ulama Wafat Lebih Dicintai Iblis Ketimbang 70 Ahli Ibadah

Allah SWT berfirman;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS At Tahrim ayat 6)

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa Allah menciptakan malaikat dari cahaya, setan diciptakan dari api dan Nabi Adam diciptakan dari tanah. Sampai kapanpun iblis tetaplah iblis yang berasal dari golongan jin, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Al-Qur’an.

Source: republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top