Umat Nabi Siapakah yang Dihisab Pertama Kali?

thumbnail

Setelah kehidupan dunia berakhir akan ada kehidupan baru yang mana manusia akan hidup selamanya disana, yaitu kehidupan akhirat. Ada dua tempat pulang manusia kelak, yaitu surga dan neraka.

Sebelum masuk kesana, manusia akan dihisab terlebih dahulu untuk menentukan dimana ia akan tinggal. Lalu, umat sipakah yang akan pertamakali dihisab, melewati shirath dan yang pertama masuk surga?.

Nabi Melarang Tidur Usai Makan Sahur, Ini Hikmah Menurut Agama dan Medis

Diantara keistemewaan umat Muhammad adalah Allah jadikan mereka umat terakhir tetapi memiliki keutamaan paling tinggi dari umat-umat sebelumnya. Meskipun keberadaanya paling akhir di dunia, tetapi mereka akan pertama dihisab, digirinng ke Mahsyar, diganjar dan masuk surga.

Dalam hadits Nabi dijelaskan:

ما أخرجه الإمام مسلم من حديث حذيفة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم في حديث له: “… نحن الآخرون من أهل الدنيا، والأولون يوم القيامة المقضي لهم قبل الخلائق”

Rasulullah SAW bersabda dalam haditsnya: “Kami adalah orang-orang yang terakhir di dunia ini, dan yang pertama pada Hari Kebangkitan akan dihakimi untuk mereka sebelum makhluk lainnya.” (HR Muslim dari Hudzaifah RA).

Inilah Orang Yahudi Persis Dajjal yang Akhirnya Masuk Islam dan Menjadi Sahabat Nabi

Dalam hadits lain juga dijelaskan, riwayat Ibnu Abbas RA, Nabi bersabda:

نحن آخر الأمم، وأول مَن يُحَاسَبُ، يقال: أين الأُمَّة الأُمِّيَّة ونبيها؟ فنحن الآخرون الأولون

“Kami adalah umat akhir zaman, dan yang pertama dimintai pertanggungjawaban. Akan dikatakan, “”Di mana bangsa yang buta huruf dan nabinya? Kami adalah yang terakhir dan pertama.”

Diceritakan oleh Abu Hurairah RA bahwaRasulullah bersabda:

نحن الآخرون ونحن السابقون يوم القيامة، بيد أن كلَّ أُمَّةٍ أوتيت الكتاب من قبلنا، وأوتيناه من بعدهم، ثم هذا اليوم – أي الجمعة – الذي كتبه الله علينا هدانا الله له، والناس لنا فيه تبع، اليهود غدًا والنصارى بعد غد

“Kami adalah yang terakhir dan kami adalah para pendahulu di hari Kiamat, tetapi setiap umat diberikan Kitab sebelum kami, dan kami diberikan setelah mereka. Kemudian hari ini, yaitu Jumat, yang Allah tetapkan didalamnya untuk memberi hidayah kepada Muhammad, dan manusia akan mengikutinya, Yahudi besak dan Nasrani seteleh esok.” (HR. Bukhari Muslim)

Tak Baca Sholawat Pada Nabi, Malaikat Doakan Celaka Baginya

Dalam kitab Fath Al Bari: 2/354, Al Hafiz Ibn Hajar menjelaskan bahwa umat Nabi Muhammad akan tetap berada pada yang pertama dalam segi peringkat walaupun keberadaannya paling akhir disbanding umat para Nabi sebelumnya.

Kelak seluruh manusia dikumpukan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang telah diperbuat di dunia. Adapun yang pertama dimintai pertanggung jawaban, diadili dan masuk surga adalah umat Nabi Muhammad SAW.

Source: republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top